Selasa, 20 November 2018

BAB 12 SIKLUS PENDAPATAN: PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS


Pendahuluan 

Siklus pendapatan adalah serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yang terus-menerus dengan menyediakan barang dan jasa kepada pelanggan dan menerima kas sebagai pembayaran atas penjualan tersebut.

Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat yang tepat pada saat yang tepat untuk harga yang sesuai. 

Empat aktivitas dasar pada siklus pendapatan, yaitu:
  1. Entri pesanan penjualan
  2. Pengiriman 
  3. Penagihan 
  4. Penerimaan kas
Sistem Informasi Siklus Pendapatan




Entri Pesanan Penjualan

MENGAMBIL PESANAN PELANGGAN

Pesanan Penjualan adalah dokumen yang dibuat selama entri pesanan penjualan yang mencantumkan nomor barang, kuantitas, harga, dan syarat penjualan.

Electronic Data Interchange (EDI) adalah penggunaan komunikasi terkomputerisasi dan skema pengodean standar untuk mengirimkan dokumen bisnis secara elektornik dalam sebuah format yang dapat secara otomatis diproses oleh sistem informasi penerima.

PENJUALAN KREDIT 

Batas kredit adalah saldo rekening kredit maksimum yang diizinkan bagi  setiap pelanggan, berdasarkan sejarah kredit masa lalu dan kemampuan untuk membayar.
Daftar umur piutang adalah sebuah laporan yang mencantumkan saldo rekening pelanggan berdasarkan lamanya waktu yang beredar (outstanding).

MENGECEK KETERSEDIAAN PERSEDIAAN

Back order adalah sebuah dokumen yang mengotorisasi pembelian atau produksi dari barang-barang yang dibuat ketika tidak ada persediaan yang mencukupi untuk memenuhi pesanan pelanggan.

Kartu pengambilan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan barang dan kuantitas dari tiap-tiap barang yang dipesan dan mengotorisasi fungsi pengendalian persediaan untuk mengeluarkan barang tersebut ke departemen pengiriman.

MERESPON PERMINTAAN PELANGGAN 

Sistem manajemen hubungan pelanggan (customer relationship manajemen system-CRM) adalah perangkat lunak yang mengatur informasi mengenai pelanggan dengan cara memfasilitasi layanan yang efisien dan personal. 

Pengiriman 

MENGIRIM PESANAN  

Slip pengepakan adalah sebuah sisten yang mencantumkan kuantitas dan deskripsi dari setiap barang yang disertakan dalam sebuah pengiriman.

Bill of landing adalah sebuah kontrak hukum yang menjelaskan tanggung jawab atas barang ketika barang tersebut sedang dalam transit.

Penagihan

PENAGIHAN FAKTUR 

Faktur penjualan adalah sebuah dokumen yang memberitahukan kepada pelanggan mengenai jumlah dari penjualan dan ke mana mengirimkan pembayarannya.

PEMELIHARAAN PIUTANG 

Metode faktur terbuka adalah metode untuk memelihara piutang yang mana pelanggan membayar berdasarkan setiap faktur 

Nota pengiriman uang adalah sebuah salinan faktur penjualan yang dikembalikan dengan pembayaran pelanggan yang mengidikasikan faktur, laporan, atau hal-hal yang dibayarkan .

Metode saldo maju adalah metode pemeliharaan piutang yang mana pelanggan biasanya membayar berdasarkan jumlah yang ditunjukkan dalam sebuah laporan bulanan, bukan berdasarkan tiap-tiap fakturnya. Pengiriman uang diterapkan terhadap total saldo rekening, bukan dengan faktur tertentu.

Laporan bulanan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan seluruh transaksi yang terjadi selama sebulan yang lalu dan informasi atas saldo rekening terakhir pelanggan.

Penagihan siklus menghasilkan laporan bulanan bagi subset pelanggan pada waktu yang berbeda.


Memo kredit adalah sebuah dokumen, disetujui oleh manajer kredit, yang mengotorisasi departemen penagihan untuk mengkredit rekening seorang pelanggan.

Penerimaan Kas

Daftar pengiriman uang sebuah dokumen yang mencantumkan nama dan jumlah dari seluruh pembayaran pelanggan yang diterima dalam surat.

Peti uang adalah sebuah alamat pos yang pelanggan tuju ketika pelanggan tersebut mengirimkan uangnya.

Peti uang elektronik adalah pengaturan peti uang di mana bank secara elektronik mengirimkan informasi tentang nomor rekening pelanggan dan jumlah yang disetorkan segera setelah menerima pembayaran.

Electronic funds transfer (EFT) yaitu transfer dana melalui penggunaan perangkat lunak perbankan secara online.

Financial Electronic Data Interchange (FEDI) yaitu mengintegrasikan pertukaran dana (EFT) dengan pertukaran data pengiriman uang (EDI).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 22 DESAIN, IMPELEMENTASI, DAN OPERASI SISTEM

Desain Sistem Konseptual Spesifikasi desain konseptual adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk output sistem, penyimpangan data, input, p...