Sabtu, 12 Januari 2019

BAB 22 DESAIN, IMPELEMENTASI, DAN OPERASI SISTEM

Desain Sistem Konseptual

Spesifikasi desain konseptual adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk output sistem, penyimpangan data, input, prosedur pemrosesan, dan operasi.

Laporan desain sistem konseptual yaitu merangkum aktivitas desain konseptual, memandu aktivitas desain fisik, mengomunikasikan bagaimana seluruh kebutuhan sistem akan dipenuhi, dan membantu panitia pengarah menilai kelayakan.

Desain Sistem Fisik

Sasaran desain output adalah untuk menentukan sifat, format, isi, dan waktu pelaporan, dokumen, serta tampilan layar.

Output dikategorikan menjadi empat, yaitu:

  1. Laporan terjadwal. Laporan yang disiapkan secara teratur, dengan isi dan format yang telah ditentukan sebelumnya.
  2. Laporan analisis bertujuan khusus. Laporan yang tidak memiliki isi, format, atau jadwal yang telah dispesifikasikan sebelumnya; biasanya disiapkan sebagai tanggaapan terhadap permintaan manajemen.
  3. Laporan pengecualian yang dipicu. Laporan dengan isi dan format yang telah dispesifikasikan sebelumnya, disiapkan hanya sebagai tanggapan terhadap kondisi-kondisi yang tidak normal.
  4. Laporan permintaan. Laporan dengan isi dan format yang telah dispesifikasikan sebelumnya, disiapkan hanya berdasarkan permintaan.
Pemrograman terstruktur yaitu sebuah pendekatan modular untuk pemrograman di mana tiap modul 
menjalankan sebuah fungsi spesifikasi dan dikoordinasikan dengan sebuah modul pengendalian.

Debugging adalah proses menemukan dan mengeliminasi kesalahan program.

Ada delapan langkah dalam pengembangan desain program:
  1. Menentukan kebutuhan pengguna.
  2. Membuat dan mendokumentasikan sebuah rencana pengembangan.
  3. Membuat instruksi-intruksi program (kode komputer)
  4. Menguji program.
  5. Mendokumentasikan program.
  6. Melatih para pengguna program.
  7. Memasang sistem.
  8. Menggunakan dan memodifikasi sistem.
Pemeliharaan program yaitu memperbarui sebuah program komputer dalam kaitannya dengan kebutuhan pengguna yang berubah, memperbaiki bug, perubahan hukum atau peraturan, atau penggunaan teknologi baru.

Laporan desain sistem fisik yaitu merangkum apa yang dicapai dalam desain fisik, digunakan untuk menentukan apakah iya atau tidak untuk memproses fase implementasi.

Implementasi sistem adalah proses pemasangan perangkat keras dan perangkat lunak sehingga SIA dapat menyala dan dijalankan.

Rencana Implementasi adalah sebuah rencana tertulis yang menunjukkan bagaimana sistem baru akan diimplementasikan ketika proyek tersebut harusnya selesai dan SI berjalan, termasuk sebuah jadwal penyelesaian, estimasi biaya, capaian tugas, dan siapa yang bertanggung jawab terhadap masing-masing aktivitas.

Berikut tiga bentuk pengujian yang umum, yaitu:
  1. Walk-though adalah tinjauan langkah demi langkah prosedur atau logika program untuk menemukan logika yang salah, kesalahan, pengabaian, atau masalah lainnya.
  2. Uji pengolahan data adalah memproses transaksi valid dan keliru untuk menentukan jika sebuah program beroperasi seperti yang didesain dan transaksi yang valid ditangani dengan layak serta kesalahan dideteksi dan dihadapi secara tepat.
  3. Uji penerimaan adalah pengujian atas sistem baru menggunakan sejumlah transaksi nyata untuk menentukan apakah kriteria yang dikembangkan pengguna terpenuhi.

Konversi Sistem

Konversi adalah proses perubahan dari sistem atau format komputer lama ke yang baru

Konversi langsung yaitu perubahan dari sebuah sistem lama ke baru dengan menghentikan SI lama ketika yang baru diperkenalkan,

Konversi paralel yaitu perubahan dari sebuah sistem lama ke sistem baru dengan mengoperasikan kedua sistem secara bersamaan sampai organisasi yakin sistem baru berfungsi dengan benar.

Konversi bertahap yaitu perubahan dari sebuah sistem lama ke sistem baru dengan mengganti elemen-elemen yang lama dengan mengganti elemen-elemen baru secara bertahap sampai sistem lama seluruhnya telah digantikan.

Konversi pilot yaitu perubahan dari sebuah sistem lama ke sistem baru dengan mengimplementasikan sebuah sistem di satu lokasi, menggunakannya sampai seluruh masalah diselesaikan, dan kemudian mengimplementasikannya di organisasi tersisa.

Operasi dan Pemeliharaan

Tinjauan pasca-implementasi adalah tinjauan yang dibuat setelah sistem baru talah beroperasi dalam periode singkat untuk memastikan apakah sistem baru tersebut memenuhi sasaran yang direncanakan, mengidentifikasi kecukupan standar sistem, dan meninjau pengendalian sistem.

Laporan tinjauan pasca-implementasi adalah sebuah laporan yang menganalisis sebuah sistem yang baru saja diserahkan untuk menentukan apakah sistem tersebut mencapai tujuan yang dikehendaki dan diselesaikan sesuai anggaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 22 DESAIN, IMPELEMENTASI, DAN OPERASI SISTEM

Desain Sistem Konseptual Spesifikasi desain konseptual adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk output sistem, penyimpangan data, input, p...