Rabu, 02 Januari 2019

BAB 20 PENGANTAR PENGEMBANGAN SISTTEM DAN ANALISIS SISTEM

Pengembangan Sistem

Siklus hidup pengembangan sistem adalah sebuah proses lima langkah yang digunakan untuk mendesain dan mengimpelementasikan sebuah sistem baru.

Analisis sistem adalah langkah pertama SDLC di mana informasi yang diperlukan untuk membeli, mengembangkan, atau memodifikasi sebuah sistem dikumpulkan.

Desain konseptual adalah langkah SDLC kedua di mana para analis memutuskan bagaimana mencapai kebutuhan pengguna, mengidentifikasi dan mengevaluasi alternatif desain, serta mengembangkan spesifikasi mendetail bagi apa yang dicapai sistem tersebut dan bagaimana sistem tersebut dikendalikan.

Desain fisik adalah langkah SDLC ketiga di mana persyaratan desain konseptual yang luas dan berorientasi pengguna diterjemahkan ke dalam spesifikasi mendetail yang digunakan untuk mengkode dan menguji perangkat lunak, mendesain input/output, membuat file/database, mengembangkan prosedur, dan mengimplementasikan pengendalian.

Implementasi dan konversi adalah langkah SDLC keempat di mana perusahaan mempekerjakan dan melatih para pegawai, menguji dan memodifikasi prosedur, menetapkan standar dan pengendalian, melengkapi dokumentasi, berpindah ke sistem baru, dan mendeteksi dan mengoreksi defisiensi desain.

Operasi dan pemeliharaan adalah langkah kelima SDLC di mana sistem tersebut secara periodik ditinjau dan modifikasi serta peningkatan yang perlu dibuat.

Panitia pengarah sistem informasi adalah manajemen tingkat tinggi yang merencanakan dan mengawasi fungsi SI, menetapkan kebijakan SI yang mengatur SIA, memastikan panduan dan pengendalian manajemen puncak, serta mengoordinasikan dan mengintegrasikan aktivitas-aktivitas sistem.

Analis sistem adalah seseorang yang membantu pengguna menentukan kebutuhan informasinya, mempelajari sistem yang ada dan mendesain sistem baru, serta menyiapkan spesifikasi yang digunakan oleh pemrogram komputer.

Pemrogram komputer adalah seseorang yang menulis dan menguji program menggunakan spesifikasi yang dikembangkan oleh analis serta memodifikasi dan merawat program komputer yang ada.

Merencanakan Pengembangan Sistem

Rencana pengembangan proyek adalah sebuah dokumen yang menunjukkan kebutuhan proyek (orang, perangkat keras, perangkat lunak, dan keuangan), sebuah analisis sebuah proyek akan diselesaikan (modul atau tugas untuk dijalankan, siapa yang akan menjalankannya, dan waktu penyelesaian)

Rencana Induk adalah rencana yang menjelaskan sistem tersebut akan berisi apa saja, bagaimana sistem akan dikembangkan, siapa yang akan mengembangkannya, bagaimana sumber daya yang dibutuhkan akan diperoleh, status proyek-proyek dalam proses, prioritas proyek yang direncanakan, dan kriteria prioritas.

Program evaluation and review technique (PERT) adalah sebuah cara untuk merencanakan, mengembangkan, mengoordinasi, mengendalikan, dan menetukan waktu darii aktivitas-aktivitas pengembangan sistem; seluruh aktivitas serta contoh dan hubungan selanjutnya di antara aktivitas-aktivitas tersebut, diidentifikasi dan ditunjukkan pada sebuah diagram PERT.

Jalan kritis adalah jalur PERT yang mensyaratkan jumlah waktu terbesar untuk menyelesaikan sebuah proyek; jika sebuah aktivitas jalur kritis tertunda, seluruh proyek tertunda.

Bagan Gantt adalah sebuah grafik batang yang digunakan untuk perencanaan proyek. Grafik tersebut menunjukkan aktivitas proyek di sisi kiri, unit waktu di atas, dan waktu tiap aktivitas diharapkan untuk dijalankan sebagai sebuah batang horizontal.

Ada lima aspek penting yang dipertimbangkan selama studi kelayakan, yaitu:
  1. Kelayakan ekonomi yaitu menentukan apakah manfaat sistem mendukung waktu, uangm dan sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaannya.
  2. Kelayakan teknis yaitu menentukan apakah sistem yang diajukan dapat dikembangkan dengan teknologi yang tersedia.
  3. Kelayakan hukum yaitu menentukan apakah sistem yang diajukan akan mematuhi seluruh hukum negara dan negara bagian yang berlaku, regulasi pihak adminitratif, dan kewajiban kontraktual.
  4. Kelayakan penjadwalan yaitu menentukan apakah sistem yang diajukan dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam waktu yang dialokasikan.
  5. Kebijakan operasional yaitu menentukan apakah organisasi memiliki akses ke orang-orang yang dapat mendesain, mengimplementasikan, dan mengoperasikan sistem yang diajukan dan akankah para pegawai menggunakan sistem tersebut.
Model penganggaran modal adalah sebuah teknik pengembalian atas investasi yang digunakan untuk membandingkan manfaat dan biaya yang diestimasi untuk menentukan apakah sebuah sistem bermanfaat biaya.

Tiga teknik penganggaran modal yang paling umum digunakan, yaitu:
  1. Payback period adalah sebuah teknik pengembalian atas investasi yang digunakan untuk menghitung jumlah tahun yang diperlukan agar tabungan bersih menyamai biaya awalnya.
  2. Nilai sekarang bersih (net present value--NPV) adalah sebuah teknik pengembalian atas investasi yang mendiskontokan seluruh arus kas masa depan yang diestimasi kembali ke masa sekarang dengan menggunakan tingkat diskonto yang merefleksikan nilai waktu uang.
  3. Tingkat pengmbalian internal (internal rate of return--IRR) adalah sebuah teknik penngembalian atas investasi yang menghitung tingkat bunga yang membuat nilai sekarang dari total biaya sama dengan nilai sekarang total simpanan.
Aspek Perilaku Perubahan

Aspek Perilaku Perubahan adalah cara positif dan negatif orang-orang beraksi terhadap perubahan; mengelola reaksi perilaku ini krusial untuk mengimplementasikan sebuah sistem baru dengan sukses.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dalam berperilaku:
  • Ketakutan.
  • Dukungan manajemen puncak.
  • Pengalaman dengan perubahan sebelumnya.
  • Komunikasi.
  • Sifat perubahan yang mengganggu.
  • Bisa dan emosi.
  • Karakteristik dan latar belakang pribadi
Cara orang-orang dalam menentang perubahan
  • Agresi adalah perlawanan terhadap perubahan yang menghancurkan, melumpuhkan, atau melemahkan efektivitas sistem, seperti peningkatan tingkat kesalahan, gangguan, atau sabotase yang disengaja.
  • Proyeksi adalah perlawanan terhadap perubahan dengan menyalahkan apa pun dan segalanya pada sistem baru, sehingga sistem menjadi kambing hitam atas seluruh masalah dan kesalahan yang benar-benar terjadi atau yang direkayasa.
Cara mencegah masalah perilaku
  • Memperoleh dukungan manajemen.
  • Memenuhi kebutuhan pengguna.
  • Melibatkan pengguna.
  • Menghilangkan ketakutan, dan menekankan peluang-peluang baru.
  • Menghindari emosionalisma.
  • Memberikan pelatihan.
  • Memeriksa ulang evaluasi kinerja.
  • Menjalin lini komunikasi yang terbuka.
  • Menguji sistem.
  • Menjaga agar sistem tetap sederhana, dan perlakuan sistem seperti manusia.
  • Mengendalikan ekspetasi pengguna.
Analisis Sistem 

Permintaan untuk pengembangan sistem yaitu sebuah permintaan tertulis untuk sebuah sistem baru atau peningkatan sistem yang menjelaskan masalah-masalah sistem saat ini, alasan untuk perubahan,serta tujuan, manfaat, dan biaya sistem yang diajukan.

Penyelidikan awal adalah sebuah penyelidikan permulaan untuk menentukan apakah sebuah usulan sistem baru dibutuhkan dan layak.

Proposal untuk menjalankan analisis sistem adalah sebuah permintaan untuk menyelesaikan fase analisis sistem bagi sebuah proyek yang membuatnya melalui penyelidikan awal.

Survei sistem adalah sebuah studi ekstensif dari SIA yang memiliki tujuan-tujuan, yaitu:
  • Mendapatkan pemahaman atas operasi, kebijakan, prosedur, dan arus informasi perusahaan.
  • Membuat penilaian pendahuluan atas kebutuhan pemrosesan sekarang dan masa depan, serta menetukan luasan dan sifat perubahan yang dibutuhkan.
  • Mengembangkan hubungan kerja dengan para pengguna, dan membangun dukungan bagi SIA.
  • Mengumpulkan data yang mengidentifikasi kebutuhan pengguna, menjalankan analisis kelayakan, dan membuat rekomendasi untuk manajemen.
Dokumen sistem adalah sebuah deskripsi lengkap mengenai bagaimana sistem harusnya bekerja, termasuk salinan kuesioner, catatan wawancara, memo, salinan, dokumen, dan model.

Model fisik adalah deskripsi mengenai bagaimana sebuah sistem berfungsi dengan menjelaskan aliran dokumen, proses-proses komputer yang dijalankan, orang-orang yang menjalankan, dan peralatan yang digunakan.

Model logika adalah sebuah deskripsi sistem yang berfokus pada aktivitas mendasar apa yang dijalankan dan arus informasi terlepas dari bagaimana aliran tersebut sesungguhnya diselesaikan.

Laporan survei sistem adalah sebuah laporan yang merangkum seluruh aktivitas yang terjadi selama survei sistem, termasuk seluruh dokumentasi yang relevan.

Laporan analisis sistem adalah laporan komprehensif berisi rangkuman analisis sistem yang mendokumentasikan temuan-temuan aktivitas analisis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 22 DESAIN, IMPELEMENTASI, DAN OPERASI SISTEM

Desain Sistem Konseptual Spesifikasi desain konseptual adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk output sistem, penyimpangan data, input, p...