Jumat, 14 Desember 2018

BAB 17 DESAIN DATABASE MENGGUNAKAN MODEL DATA REA

Proses Desain Database

Pemodelan data menjalaskan sebuah database sehingga ia dengan jujur mempresentasikan seluruh aspek organisasi, termasuk interaksinya dengan lingkungan eksternal. Sasarannya adalah untuk secara eksplisit menangkap dan menyimpan data mengenai setiap aktivitas bisnis organisasi yang akan direncanakan, dikendalikan, atau dievaluasi.

Diagram hubungan-entitas

Diagram hubungan-entitas (E-R) adalah sebuah penggambaran grafis isi sebuah database yang menunjukkan berbagai entitas yang dimodelkan dan hubungan-hubungan penting di antaranya.

Entitas yaitu apa pun mengenai apa yang organisasi ingin kumpulkan dan simpan perihal informasi.

Model Data REA 

Model Data REA adalah sebuah model data yang digunakan untuk mendesain database SIA. Ia mengandung informasi mengenai tiga jenis entitas yang fundamental: sumber daya, peristiwa, dan agen.

Sumber daya adalah hal-hal  yang memiliki nilai ekonomis untuk organisasi seperti kas, persediaan, perlengkapan, pabrik, dan tanah.

Peristiwa adalah aktivitas bisnis mengenai apa yang manajemen ingin kumpulkan informasi untuk perencanaan atau tujuan pengendalian.

Agen adalah orang dan organisasi yang berpartisipasi dalam peristiwa dan mengenai siapa informasi diperlukan.

Mengembangkan Sebuah Diagram REA

Mengembangkan sebuah diagram REA bagi satu siklus bisnis spesifik terdiri atas tiga langkah, yaitu:
  1. Mengidentifikasi peristiwa mengenai informasi apa yang ingin manajemen kumpulkan.
  2. Mengidentifikasi sumber daya yang dipengaruhi oleh tiap peristiwa dan agen yang berpartisipasi dalam peristiwa tersebut.
  3. Menentukan kardinalitas dari setiap hubungan.
Kardinalitas menjelaskan sifat dari sebuah hubungan database yang mengindikasikan jumlah keterjadian satu entitas yang mungkin diasosiasikan dengan sebuah peristiwa tunggal dari entitas lain. Tiga jenis kardinalitas adalah satu-ke-satu, satu-ke-banyak, dan banyak-ke-banyak, dan banyak-ke-banyak.

Kardinalitas minimum adalah jumlah minimum contoh yang sebuah entitas dapat ditautkan ke entitas lain dalam hubungan tersebut. Hanya dua opsi: 0 dan 1.

Kardinalitas maksimum adalah jumlah maksimum contoh yang sebuah entitas dapat ditautkan ke entitas lain dalam hubungan tersebut. Hanya dua oopsi: 1 atau banyak.

TIGA JENIS HUBUNGAN 
  1. Hubungan satu-ke-satu (1:1) adalah sebuah hubungan antara dua entitas saat kardinalitas maksimum untuk tiap entitas adalah 1.
  2. Hubungan satu-ke-banyak (1:N) adalah sebuah hubungan antara dua entitas ketika kardinalitas maksimum bagi satu entitas adalah satu, tetapi entitas lain memiliki kardinalitas maksimum yang banyak.
  3. Hubungan banyak-ke-banyak (M:N) adalah sebuah hubungan antara dua entitas saat maksimum kardinalitas kedua entitas adalah banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 22 DESAIN, IMPELEMENTASI, DAN OPERASI SISTEM

Desain Sistem Konseptual Spesifikasi desain konseptual adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk output sistem, penyimpangan data, input, p...